PT TMC Benahi IPAL dan DAS di Desa Teep

Amurang, MR – Sempat mendapat pemberhentian pembuangan limbah cair oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Selatan (Minsel) melalui Dinas Lingkungan Hidup, akhirnya PT Tri Mustika Cocominaesa (TMC) menyatakan siap memperbaiki sistem Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) serta akan memperhatikan dan memperbaiki  lingkungan terutama Daerah Aliran Sungai (DAS) yang selama ini menjadi tempat pembuangan akhir perusahaan yang bergerak di bidang pabrikan tepung kelapa di Desa Teep.

“Pihak TMC siap melakukan perbaikan pengolaan limbah dan perbaikan lingkungan, dan saat ini kami sudah mulai memperbaiki lingkungan yang menurut masyarakat sudah rusak akibat limbah cair, terutama di Daerah Aliran Sungai (DAS )” yang terletak bertepan di belakang perusahan,”jelas Edwin Mendeng, Kepala Bagian Personalia PT TMC, yang dihubungi Manadoreal.com via handphone, Rabu (24/07).

Hal senada juga disampaikan Nova Palit SPd, Bagian Administrasi sekaligus Bagian Kehumasan PT TMC, melalui pesan Masangger. 

“Memang benar kalau pihak TMC sedang memperbaiki pengolahan limbah yang ada, sesuai dengan aturan yang berlaku. Saat ini sungai yang terletak di belakang PT TMC sedang dilakukan perbaikan tanggul yang ada di bantaran sungai, dan waktu dekat ini akan dilakukan pengerukan lumpur yang berada di dasar sungai,  hanya saja pihak TMC menunggu waktu yang pas (air surut) dikarenakan sungai tersebut berada tepatnya di pinggiran pantai. Tapi waktu dekat ini akan segera di lakukan pengerukan,”tukas Palit.

Menyikapi apa yang dilakukan PT TMC,  Klasum Harudin, salah seorang warga Desa Teep menyambut baik.

“Apa yang dilakukan PT TMC sangat baik dan kami senang karena ada perhatian dan niat baik dari perusahaan untuk melestarikan dan memperbaiki Ipal dan lingkungan hidup untuk kelangsungan hidup masyarakat Desa Teep terlebih anak cucu yang akan meregenerasi kedepannya,”ujarnya.

Sementara, Hukum Tua Desa Teep Grace VI Sangian SE MM mengatakan pemerintah desa ikut mensupport dan mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh PT TMC.

“Karena tidak menghitung minggu langsung melakukan perbaikan pembuangan limbah dan perbaikan lingkungan yang ada,  demi masa depan dan kelangsungan hidup kita bersama,”pungkas Sangian.(nal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *