Puluhan Tahun Tak Diperbaiki Pemprov Sulut, Jalan Penghubung Desa Mobuya dan Wulurmaatus Memprihatinkan

Bolmong, MR – Jalan Provinsi yang menghubungkan Desa Mobuya, Kecamatan Passi Timur, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) dan Desa Wulurmaatus, Kecamatan Modoinding, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), sudah puluhan tahun tidak pernah diperbaiki.

Kepada manadoreal.com, Rabu (18/03), Sangadi (kepala desa, red) Desa Mobuya Alfrits Lembong mengatakan jalan yang terletak di dua kabupaten itu sekira 35 tahun tidak diperhatikan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut).

“Sudah sekitar 35 tahun jalan penghubung antara dua desa ini tidak diperhatikan oleh pemerintah dalam hal ini Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, sehingga masyarakatlah yang mengerjakan secara swadaya dengan peralatan sederhana serta material apa adanya juga,”ungkap Lembong.

Dirinya juga menambahkan tahun 2019 lalu ada salah satu Anggota DPRD Provinsi Sulut dari Fraksi PDIP Rocky Wowor datang berkunjung dan melihat kondisi jalan, namun hingga kini belum di tindaklanjuti.

“Kami berharap pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dalam hal ini instansi terkait untuk segera memperhatikan kondisi jalan tersebut,”harap Lembong.

Pasalnya, penduduk Desa Mobuya, Kabupaten Bolmong sebagian besar adalah petani, sehingga hasil pertanian masyarakat sangat sulit dipasarkan karena akses jalan yang sangat memprihatinkan.

“Apa lagi saat musim hujan, kendaraan sangat sulit melintas,”tandas Lembong.

Hal itu dibenarkan Christian Pundoko, salah satu warga Desa Mobuya.

“Karena saat panen hasil pertanian kami di hargai murah karena akses jalan yang sulit dan memprihatinkan. Kalau ada yang mau beli hasil pertanian kami (Hortikultura) harganya di bawah standar karena pemborong mengeluhkan akses jalan yang sulit,”keluh Pundoko.

Terpisah, Kepala Desa Wulurmaatus, Kecamatan Modoinding, Kabupaten Minsel Meyer Tigau SSos mengatakan jalan tersebut sudah diusulkan ke Pemerintah Provinsi Sulut melalui Musrembang Kecamatan.

“Memang jalan yang menghubungkan antara kedua desa ini ada sekitar 600 meter tepatnya berada di wilayah Desa Wulurmaatus dan sudah kami usulkan ke Pemprov Sulut lewat Musrenbang Kecamatan pada tahun 2019 lalu. Tinggal menunggu saja realisasinya mudah-mudahan tahun ini sudah bisa dikerjakan,”pungkas Tigau yang juga menjabat Sekertaris Kecamatan Modoinding.(jhon)