Rotinsulu: Pengurusan Ijin di PTSP Manado Jangan Lewat Calo

Manado, MR – Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Manado Jimmy Rotinsulu SE MSi menegaskan pelaku usaha sebaiknya mengurus ijin sendiri tanpa melalui perantara atau calo. Hal ini untuk menghindari adanya pungutan liar (pungli) yang merugikan pengusaha itu sendiri.

“Kami sangat terbuka bagi pelaku usaha yang akan mengurus ijin di PTSP. Sebaiknya pengusaha yang datang sendiri ke kantor kami untuk mengurus ijin, jangan lewat calo. Karena, bisa saja biayanya semakin besar jika menggunakan perantara, padahal biayanya tidak seperti itu,”tukas ‘Ca’ sapaan akrab Rotinsulu.

Menurutnya, DPM-PTSP Manado tidak bertanggung jawab apabila pelaku usaha dirugikan dengan adanya biaya yang terlalu tinggi akibat menggunakan jasa calo. Apalagi, tidak semua ijin dipungut biaya.

“Jadi salah pengusaha sendiri apabila dirugikan kalau menggunakan jasa calo. Karena, di PTSP ada beberapa ijin yang tidak dipungut biaya alias gratis. Sekali lagi, sebaiknya datang sendiri untuk mengurus ijin,”ujar Rotinsulu.

Dikatakan, untuk mempermudah pelayanan perijinan, selain di kantor DPM-PTSP Manado yang terletak di kompleks Kantor Walikota, pihaknya juga telah membuka layanan di Mall Pelayanan Publik kawasan Mantos Manado.(stephen)