RSUD Amurang Kondisinya Memprihatinkan ‘Bak Bangunan Tua’


Amurang, MR – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Amurang Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) di Desa Teep Trans Amurang Barat, sekarang ini dalam kondisi memprihatinkan.

Pasalnya, rumah sakit yang dibangun dengan dana puluhan miliar yang bersumber dari APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) serta APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) Kabupaten Minsel minim perhatian dan terkesan kotor bak rumah tua tak berpenghuni.

Kebersihan dan kenyamanan pasien serta pengunjung rumah sakit terabaikan. Bahkan, beberapa fasilitas rumah sakit dalam keadaan rusak.

Seperti pantauan wartawan manadoreal.com yang sempat mengitari rumah sakit, Jumat (13/09), terlihat banyak pintu ruangan rusak, fasilitas medis dibiarkan begitu saja tidak terawat, pintu MCK rusak, tabung oksigen dan ranjang-ranjang pasien dibiarkan begitu saja di luar ruangan tanpa perawatan serta dalam kondisi rusak. Bukan hanya itu, pada beberapa ruangan diberikan lebel “RUSAK” oleh pihak rumah sakit.

Lebih memprihatinkan lagi saat memasuki salah satu ruangan VVIP yang hanya berpasienkan satu orang terlihat pintu kamar mandi rusak dan wastafel yang sudah lepas dari dinding dibiarkan begitu saja tanpa ada perhatian untuk diperbaiki.

“Kondisi rumah sakit ini tidak layak lagi karena bangunan dan fasilitasnya tidak bisa di gunakan. So rusak tu banyak, ruangan pasien lagi kotor nda terawat banyak ruangan yang tidak bisa digunakan,”keluh Ibu Nella dan Bapak Sam, warga Pakuweru, kepada manadoreal.com.

Sementara, Direktur RSUD Amurang, saat dikonfirmasi terkait hal itu tidak berada di tempat. (nal)