RTH di Manado Sudah Memenuhi Syarat

Peter Assa

Manado, MR – Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kota Manado pada umumnya telah memenuhi syarat. Ini menandakan kesadaran masyarakat untuk menjaga dan memelihara lingkungannya agar terhindar dari masalah banjir cukup tinggi.

“Saya melihat masyarakat kita di Kota Manado telah mengerti dan menyadari betapa pentingnya manfaat Ruang Terbuka Hijau. Dan sesuai persyaratan RTH harus mencangkup 30 persen dari luas wilayah kita. Nah, untuk Kota Manado, itu masih terpenuhi,”ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Manado DR Peter KB Assa.

Meski demikian, Assa mengakui masih ada beberapa lokasi di Manado yang belum memiliki RTH. Sehingga, jika hujan lebat melanda kawasan tersebut, mengakibatkan terjadinya banjir.

“Masih ada beberapa wilayah di Kota Manado yang sering tergenang air. Ini berarti RTH-nya tidak  berfungsi dengan baik. Padahal, RTH merupakan kawasan resapan air dan seringkali di kesampingkan dalam pembangunan suatu wilayah,”tandas Assa.

Dirinya meminta masyarakat sebagai penghuni kota wajib untuk menjaga fasilitas-fasilitas RTH yang ada sebagai asset penting sebuah kota.

”Semua peranan harus kita maksimalkan apapun yang menjadi tugas dan tanggungjawab kita, demi terciptanya sebuah tatanan kehidupan kota yang memiliki keseimbangan antara lingkungan alam dan lingkungan buatan manusia,”pungkasnya.(stephen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *