Siapkan Pengelola TBM Perpustakaan 87 Kelurahan, Dinas Perpustakaan Manado Gelar Bimtek Minat Dan Budaya Baca

Manado, MR – Untuk mempersiapkan para pengelola Taman Baca Masyarakat (TBM) Perpustakaan Kelurahan, Pemerintah Kota (Pemkot) Manado melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menggelar kegiatan publikasi, sosialisasi/Bimbingan Teknik (Bimtek) minat dan budaya baca, di gedung Youth Center Kawasan Megamas, 24-25 Oktober 2019.

Acara yang dibuka Asisten II bidang Perekonomian dan Pembangunan dr Nora Lumentut mewakili Walikota DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA itu mengangkat tema transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial, diikuti pengelola TBM pada 87 kelurahan se-Kota Manado.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Manado Drs Refly Mamusung, Kamis (24/10), menjelaskan pelaksanaan kegiatan sosialisasi dan Bimtek tersebut sesuai petunjuk Walikota Vicky Lumentut dalam rangka mewujudkan kelurahan Cerdas yang melibatkan masyarakat secara langsung.

Drs Refly Mamusung

“Tujuan kegiatan ini agar para pengelola perpustakaan di kelurahan-kelurahan dapat mengolah perpustakaan sesuai standar perpustakaan dan memberikan layanan secara baik,”ujar Mamusung.

Terkait tema yang diangkat dalam kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut, mantan Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Manado itu menegaskan perpustakaan tidak hanya untuk kaum intelektual termasuk pelajar tetapi dapat dimanfaatkan masyarakat.

“Makanya, buku-buku yang disiapkan di perpustakaan kelurahan ada yang menyangkut menangkap ikan dengan baik, cara bercocok tanam yang benar jika ada lahan pertanian serta bagaimana mengembangkan usaha bagi pelaku-pelaku usaha, yang tentunya semua itu mengarah pada peningkatan kesejahteraan,”tandas Mamusung.

Dirinya berharap, para peserta sosialisasi dan Bimtek pengelola perpustakaan kelurahan dapat mengikuti kegiatan dengan baik. Apalagi, narasumber yang dihadirkan sangat berkompeten yakni Dra Mariana Ginting Pustawan Ahli Madya Perpustakaan Negara Republik Indonesia di Jakarta serta pustakawan dari Dinas Perpustakaan Daerah Provinsi Sulawesi Utara.

“Kiranya kegiatan ini memberi manfaat yang besar bagi para pengelola perpustakaan pada 87 kelurahan di Kota Manado. Sehingga, harapan Pak Walikota Vicky Lumentut untuk mewujudkan masyarakat Manado yang Cerdas dapat tercapai,”pungkas Mamusung.(stephen)