SMP Negeri Mobuya Terapkan Pembelajaran Daring dan Luring

Bolmong, MR – Pandemi Covid-19 berdampak pada dunia pendidikan, dimana sistem pembelajaran yang rutin diadakan langsung melalui tatap muka di sekolah mengalami perubahan dalam proses belajar mengajar secara online.

Hal ini dirasakan juga Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri Desa Mobuya, Kecamatan Pasi Timur, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong).

Sekolah ini merupakan salah satu SMP desa terpencil yang lokasinya berada di ujung timur Kabupaten Bolmong berbatasan dengan Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel).

Kepala SMP Negeri Mobuya Daniel Moutang SPd MPd, saat dijumpai ManadoReal.com dirumahnya, Kamis (13/06), mengatakan walaupun serba minim fasilitas, namun pihaknya tetap melaksanakan proses pembelajaran yang diamanatkan pemerintah yaitu Belajar dari Rumah (BDR) atau melalui sistem Online Daring (Dalam Jaringan) atau Luring (Luar Jaringan) maupun Offline.

“Sebelum memberikan materi mata pelajaran kami beserta guru telah membentuk kelompok dan telah adakan pembekalan untuk memberikan pelajaran Daring atau Luring,’ungkap Moutang.

Dikatakan, meskipun jumlah murid dari kelas 7 sampai kelas 9 jumlahnya hanya 29 siswa jumlah guru 6 oran yaitu 3 PNS serta 3 guru honorer, tapi tidak pernah surut dalam proses belajar mengajar.

“Beruntung karena hampir semua siswa yang ada di desa ini sudah memiliki handphone android, tinggal ada beberapa siswa yang belum memiliki handphone. Siswa yang tidak memiliki HP saya telah mebagi tugas untuk Luring dan nanti ada guru yang nanti akan mengunjungi Rumah siswa untuk memberikan pelajaran,”tukasnya.

Lanjut dikatakan Moutang, dirinya merasa bersyukur tidak mengalami masalah jaringan di Desa Mobuya, karena signal internetnya sangat bagus. 

“Ini tidak mendapatkan masalah kalau mengenai jaringan karena di lokasinya signal jaringan bagus apalagi berbatasan dengan Kecamatan Modoinding Minahasa Selatan, cuma kendala kalau ada siswa yang memiliki pulsa kuota kami sudah mengusulkan untuk mencari teman belajar bersama melalui Sistem Daring,”jelasnya.

Dalam melaksanakan proses pembelajaran daring/luring, dirinya telah menginstruksikan agar mengikuti anjuran pemerintah sesuai Protokol Kesehatan.

“Marilah kita patuhi akan peraturan Pemerintah agar virus Corona ini cepat berakhir dan menjadi normal kembali, supaya kita bisa mengajar dan belajar bersama di sekolah seperti dulu,”pungkas Moutang.(jhon)