Tanggapi Rencana Beroperasinya Mantos dan Megamall, Walikota GSVL: Harus Mengacu Pada Pergub Sulut Nomor 8 Tahun 2020

Manado, MR – Walikota DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Manado, menegaskan pengoperasian mall harus mengacu pada Peraturan Gubernur (Pergub) Sulawesi Utara (Sulut) Nomor 8 Tahun 2020 tentang Optimalisasi Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (OPP Covid-19).

Hal itu ditegaskan orang nomor satu di Manado itu menanggapi rencana dibukanya kembali operasional Mantos dan Megamall ditengah pandemi Covid-19 pada Jumat (15/05) besok.

“Peraturan Gubernur tentang OPP Covid-19 tersebut bertujuan untuk membatasi kegiatan tertentu dan gerakan orang dan/atau barang dalam menekan penyebaran covid-19, meningkatkan antisipasi perkembangan eskalasi penyebaran Covid-19, memperkuat upaya penanganan kesehatan akibat Covid-19, dan menangani dampak sosial dan ekonomi dari penyebaran Covid-19,”tandas Walikota GSVL, Kamis (14/05).

Dijelaskan, ada beberapa point yang perlu menjadi dasar sesuai Pergub Sulut itu antara lain, selama pemberlakuan OPP penduduk dilarang melakukan kegiatan dengan jumlah lebih dari 10 orang di tempat atau fasilitas umum.

Selain itu, pengelola tempat/fasilitas umum wajib menutup sementara tempat atau fasilitas umum untuk kegiatan penduduk selama pemberlakuan OPP Covid-19. Pengecualian larangan hanya berlaku untuk pemenuhan kebutuhan pokok penduduk dan/atau kebutuhan sehari-hari berupa bahan pangan, makanan/minuman, energi, komunikasi/telekomunikasi informasi, keuangan, perbankan dan sistim pembayaran dan atau logistik.

“Berkenaan dengan Peraturan Gubernur dimaksud maka Mantos dan Mall lainnya hanya bisa di buka untuk pemenuhan kebutuhan sehari hari tersebut di atas, yang kegiatan lain masih tetap ditutup selama masa pemberlakuan OPP,”pungkas Walikota GSVL.(stephen)