Terbaik II PPD 2021 dan Peringkat Pertama Aplikasi e-Rakortek SIPD, Pemkab Mitra Toreh Prestasi Gemilang

Mitra, MR – Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) kembali menoreh prestasi gemilang.

Pasalnya, salah satu daerah yang tergolong mudah dibawah pimpinan Bupati James Sumendap dan Wakil Bupati Jocke Legi ini mendapat penghargaan Daerah Terbaik II Penyelenggaraan Pembangunan Daerah (PPD) tahun 2021 se-Provinsi Sulawesi Utara serta capaian tertinggi (peringkat pertama) pengimputan indikator urusan dalam aplikasi e-Rakortek SIPD.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE kepada Bupati yang diwakili Wakil Bupati Drs Jocke Legi di sela-sela Musrembang RKPD tahun 2022, Rabu, (21/04).

Dalam kesempatan tersebut, Wabup Legi menyampaikan terima kasih dan rasa syukur atas penghargaan yang diperoleh pemerintah Kabupaten Mitra.

Menurutnya, untuk PPD telah ditingkatkan kualitas perencanaan dan mendorong setiap daerah menyiapkan rencana pembangunan secara lebih baik, konsisten, komprehensif, dan terukur sesuai dengan UU No. 25 Tahun 2004.

“Ini berkat kerja keras seluruh perangkat daerah yang dikoordinir oleh Bappeda selaku Koordinator Perencana Daerah hingga capaian PPD tahun 2021 mendapat hasil yang memuaskan. Sehingga lewat sinergitas antara pemerintah pusat dan daerah dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2022, maka telah bergulir Rapat Koordinasi Teknis Perencanaan Pembangunan (Rakortekrenbang),”ucap Wabup Legi.

Lebih lanjut dikatakan, mengembangkan potensi daerah sekaligus mendukung capaian target pembangunan nasional agar membawa manfaat nyata bagi kesejahteraan masyarakat, kemajuan daerah, juga mendukung capaian tujuan nasional.

“Daerah didorong untuk mengusung program prioritas yang sejalan dengan tema RKP 2022 yaitu Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural terutama sebagai mitigasi kontraksi pertumbuhan ekonomi akibat pandemi. Transformasi sosial ekonomi, optimalisasi keunggulan kompetitif daerah hingga pemerataan pembangunan. Dengan harapan para stakeholder dan semua elemen masyarakat dapat berperan aktif dalam mewujudkan pembangunan di Kabupaten Mitra yang sejalan dengan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Mitra yang Mandiri, Berdaya Saing dan Sejahtera,”harap Wabup Legi.

Dalam kesempatan tersebut, Wabup Legi memberikan apresasi kepada Pemerintah Provinsi dalam hal ini Gubernur Sulut Olly Dondokambey yang sudah memberikan penghargaan Daerah Terbaik ke-2 PPD dan Peringkat Pertama Pengimputan Indikator Urusan Aplikasi e-Rakortek SIPD se-Sulut.(rusli)