Tidak Semua Masyarakat Mengerti, Saafa: Pemerintah Perlu Jelaskan Istilah-istilah Yang Muncul Terkait Covid-19

Merebaknya pandemi global Covid-19 atau virus Corona sampai dipelosok dunia termasuk di Kota Manado, memunculkan istilah-istilah yang asing ditelinga orang kebanyakan.

Banyak orang yang tidak mengerti istilah-istilah ilmiah yang dipakai pemerintah sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Corona di Indonesia seperti Sosial Distancing, Physical Distancing, Self Carantine dan lainnya.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Manado Syarifudin Syaafa mengatakan istilah-istilah yang dipakai ilmiah atau yang dipakai Pemerintah terkait virus Corona ini perlu dibahasakan dengan bahasa yang mudah dimengerti masyarakat setempat.

“Bahkan ada yang dipakai menggunakan bahasa daerah agar lebih mudah dimengerti oleh segenap lapisan masyarakat. Misalnya istilah Sosial Distancing, Physical Distancing, Self Carantine dan lain sebagainya,”ujar Saafa.

Menurutnya, menjadi tugas pemerintah khususnya bagian kehumasan untuk menjelaskan kepada masyarakat terkait istilah yang muncul tersebut, karena diakui tidak semua masyarakat mengerti istilah yang muncul disaat pandemi global Covid-19 ini.

“Ini adalah tugas kehumasan pemerintah yang harus diperhatikan. Selain itu para jurnalis juga membantu, terrmasuk mereka yang berpengaruh di sosial media,”pungkas legislator Tikala tiga periode tersebut.(jefry)

Foto: istimewa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *