Tiga Warga Minsel Masuk Daftar ODP Covid-19, Scouthen: Mereka Terus Dipantau Petugas Kesehatan

Amurang, MR – Mengantisipasi penyebaran virus Corona atau Covid-19 di Sulawesi Utara (Sulut) termasuk Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) Satgas Covid–19 Sulut terus melakukan langkah dan pencegahannya sesuai dengan prosedur.

Sekretaris Satgas Covid-19 Sulut dr Steaven Dandel dalam koterangan pers Kamis (19/03) membeberkan upaya yang dilakukan pihaknya bersama tim medis sebagai pencegahan.

Dandel menyebutkan, sedikitnya ada sekitar 371 warga masuk dalam daftar Orang Dalam Pemantauan (ODP) secara intensif terkait virus Corona yang tersebar di sejumlah kabupaten/kota di Sulut.

Menurut informasi dari ke 371 ODP tersebut, ada tiga warga Kabupaten Minsel dalam pantauan serius pihak Satgas dan Dinas Kesehatan dan sekarang sedang diisolasi.

Hal itu dibenarkan Kepala Dinas Kesehatan Minsel Erwin Scouthen saat dimonfirmasi.

Dikatakan, ODP belum positif tertular virus Corona, namun perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut karena yang bersangkutan baru kembali dari daerah terinfeksi.

“ODP itu orang dalam pemantauan, maksudnya orang ini tidak menunjukan gejala tapi baru datang bepergian dari daerah terinfeksi,”tukasnya

Scouthen mengimbau masyarakat agar tidak perlu kuatir dengan keberadaan ketiga ODP tersebut.

“Mereka dipantau terus oleh petugas kesehatan. Sebaiknya masyarakat menghindari tempat-tempat umum untuk sementara waktu,”pungkas Scouthen.

Ini data Orang Dalam Pemantauan Covid-19 di Provinsi Sulawesi Utara :

Manado : 198 orang
Minahasa Utara : 78 orang
Bitung : 41 orang
Minahasa : 26 orang
Tomohon : 9 orang

Minahasa Tenggara : 6 orang
Sitaro : 4 orang
Bolaang Mongondow Timur : 3 orang
Minahasa Selatan : 3 orang
Kotamobagu : 2 orang

Bolaang Mongondow : 1 orang
Sangihe : 0
Talaud : 0
Bolaang Mongondow Utara : 0
Bolaang Mongondow Selatan : 0

Total : 371 orang

(nal’s)