Tingkatkan Mutu Produksi, PT TMC Gelar Inhouse Training HACCP

Amurang, MR – PT Tri Mustika Cocominaesa bersama tim Hazard Analysis and Critikal Control Point (HACCP) menggelar inhouse training yang dilaksakan 26 Agustus sampai 05 September 2019.

Inhouse training HACCP bertujuan untuk meningkatkan mutu produksi yang aman bagi manusia sesuai standar mutu dan harapan konsumen, dimana produknya akan mencapai 100 persen “safe and qualty foods”. Dikarenakan meningkatnya mutu bahan makanan yang sesuai tolak ukur ditetapkan.

Uji makanan ini akan cenderung pada kemungkinan terdapat bahaya dalam makanan tersebu, sehingga sertifikat HACCP ini merupakan jaminan mutu.

Kegiatan training HACCP yang dilaksanakan PT TMC ini dilanjutkan dengan pemeriksaaan kesehatan terhadap tenaga kerja di perusahaan tersebut. Karena hal tersebut adalah syarat untuk mendapatkan sertifikat yang berlebel HACCP.

Inhouse training HACCP itu dibuka General Manager PT TMC Antonius Stanly Ransang SE sekaligus menutupnya pada tanggal 05 September 2019.

Dengan menerapkan HACCP terhadap manajemen dan karyawan akan memberikan suatu pelayanan terpadu untuk mencapai kepuasan pelanggan yang meliputi kualitas produk yang aman dikonsumsikan oleh manusia.

GM PT TMC kepada wartawan manadoreal.com mengatakan training ini dilaksanakan setahun sekali guna meningkatkan kualitas dan mutu bahan makanan yang diproduksi.

“Keuntungan HACCP adalah pendekatanHACCP merupakan suatu pendekatan sistematis yang dapat diterapkan pada semua aspek dari pengamanan makanan, termasuk aspek bahaya yang bersifat biologis kimia serta fisis pada setiap tahapan dari rantai makanan termasuk bahan baku pembibitan pertumbuhan panen, pembelian, penyimpanan, distribusi, pengolahan serta pemakaian produk akhir,”jelas Ransang.

Dikatakan, sistem HACCP dapat memberikan nuansa dasar yang ilmiah untuk mendemonstrasikan adanya penyebab logis yang telah dilakukan mencegah bahaya pada konsumen serta pendekatan HACCP dapat mengubah pandangan dari pengujian produk akhir secara statistik, kurang dipercaya karena seringkali perlu pengujian ulang kepada pendekatan yang berorientasi pencegahan dalam proses produksi dengan cara yang aman.

“Keberadaan HACCP ini sangatlah penting karena akan mengawasi peredaran berbagai produk makanan yang semakin banyak variasinya dewasa ini, maka dari itulah kemudian HACCP ini hadir untuk membantu masyarakat dalam memilih makanan,”tandasnya.

Lanjut Ransang, HACCP ini juga bisa dikaitkan dengan uji mutu terhadap makanan yang harus dilakukan karena memang didasarkan pada kesadaran masyarakat akan makanan-makanan yang bisa membahayakan tubuh.

“Selain itu juga didasarkan pada pada penghayatan akan banyaknya kerugian yang disebabkan oleh olahan makanan-makanan yang berbahaya,”pungkas Ransang.(nal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *