Tinjau Lahan Pemakaman Baru di Kecamatan Mapanget, Walikota GSVL: Pastikan Tanah Tidak Bermasalah Hukum

Manado, MR – Menyediakan lahan pemakaman baru di Kota Manado menjadi salah satu kebijakan yang diambil Walikota DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA sebelum mengakhiri masa jabatan periode kedua kepemimpinan bersama Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan SE.

Pasalnya, lahan pemakaman yang dimilliki Pemerintah Kota (Pemkot) Manado sekarang ini yang terletak di kawasan Teling, Kecamatan Wanea, sudah tidak memadai lagi.

Untuk mewujudkan hal itu, Walikota GSVL bersama sejumlah pejabat kepala perangkat daerah di lingkup Pemkot Manado melakukan peninjauan beberapa tanah yang dikabarkan akan dijual pemiliknya di Kecamatan Mapanget, Rabu (18/03).

Didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Manado Tresje Mokalu SPd dan Camat Mapanget Robert Dauhan, Walikota GSVL melihat dari dekat lokasi yang direncanakan menjadi lahan Taman Pemakaman Umum (TPU) bagi warga Kota Manado.

“Tempat Pemakaman Umum kita di Teling saat ini sudah tidak memungkinkan lagi karena sudah penuh. Makanya, kita mencari lahan pekuburan baru yang letaknya di Kecamatan Mapanget ini,”ujar orang nomor satu di Manado itu.

Dirinya berharap lahan TPU yang nantinya dimiliki Pemkot Manado tidak bermasalah hukum di kemudian hari. Sehingga, Walikota GSVL mengingatkan DLH dan Camat Mapanget agar memastikan tanah yang dibeli memiliki hak kepemilikan yang jelas.

“Nanti tolong DLH dan Camat, pastikan tanah yang akan kita beli untuk dijadikan lahan pemakaman baru di Kecamatan Mapanget ini adalah tanah yang tidak bermasalah dan pastikan pemiliknya yang sah. Jangan sampai dikemudian hari bermasalah secara hukum,”tukas Walikota GSVL.

Selain itu, Walikota pilihan rakyat Manado itu, berharap untuk menuju ke lahan TPU baru ada akses jalan masuk yang memadai dan tidak menimbulkan masalah hukum kedepan.

“Pastikan pula, harus ada jalan masuk ke lokasi lahan pekuburan. Jangan asal serobot, nanti ada yang komplein kemudian menutup akses jalan masuk dan menimbulkan masalah hukum baru. Sekali lagi, pastikan jalan masuk ini tidak bermasalah,”tandas Walikota GSVL.(stephen)