Ukraina Tolak Penyanyi Rusia Ikuti Kontes Lagu Eurovision

Yulia Samoylova, duduk di kursi roda sejak kecil, tampil menyanyi pada upacara pembukaan Paralimpiade di Sochi, Rusia, 2014. (Foto: ist)

Kiev, MR – Otoritas keamanan Ukraina menolak kontestan Rusia, Yulia Samoylova, untuk masuk ke negara itu menjelang kompetisi pada pertengahan Mei mendatang.

Kantor berita Associate Press, Rabu (22/3), melaporkan, Samoylova dilarang mengikuti kontes lagu Eurovison karena sebelumnya ia pernah tampil di Crimea, wilayah yang dianeksasi Rusia dari Ukraina.

Pada Februari 2017, Moskwa telah memilih penyanyi berusia 27 tahun itu untuk mewakili Rusia untuk mengikuti kontes pada 11-13 Mei di Kiev, ibu kota Ukraina.

Namun, sebelumnya Samoylova telah melakukan tur ke Crimea tanpa memberitahu Kiev bahwa ia telah mengunjungi wilayah yang masih merupakan bagian dari Ukraina itu.

Sesuai dengan hukum Ukraina, aparat dimungkinkan untuk memblokir Samoylova masuk ke Ukraina.
Juru bicara Dinas Keamanan Ukraina, Olena Gitlanska, mengatakan, pihaknya telah melarang Samoylova masuk selama tiga tahun

“Atas dasar informasi yang diterima tentang pelanggaran yang dilakukannya atas hukum Ukraina”.

Samoylova, yang telah duduk kursi roda sejak kecil, pernah tampil bernyanyi pada pembukaan Paralimpiade di Sochi, Rusia, pada 2014.(kcm)