Upacara HUT ke-397 Kota Manado Dilaksanakan Virtual, Walikota GSVL Ajak Masyarakat Sambut Kenormalan Baru

Manado, MR – Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-397 Kota Manado digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Manado dalam bentuk virtual di ruang Serbaguna kantor Walikota, Selasa (14/07).

Tampil sebagai inspektur upacara (Irup) Walikota DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA dengan pemimpin upacara Camat Mapanget Robert Dauhan, dihadiri Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan SE, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Manado Micler CS Lakat SH MH, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Manado, serta perwakilan pimpinan organisasi dan perwakilan perangkat daerah di jajaran Pemkot Manado.

Perayaan HUT ke-397 mengangkat tema ‘Bersama Torang Bisa’ juga dihadiri Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Manado Prof DR Julyeta PA Lumentut Runtuwene MS DEA dan Wakil Ketua TP-PKK Kota Manado Imelda Bastiaan Markus SE.

Dalam sambutannya, Walikota GSVL mengatakan untuk pertama kalinya pelaksanaan upacara HUT Kota Manado digelar secara virtul.

Hal ini terkait adanya pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk Kota Manado.

“Ini untuk pertama kali upacara Hari Ulang Tahun Kota Manado dilaksanakan secara virtual. Ini kita lakukan karena penularan Covid-19 masih terus terjadi,”ujar Walikota GSVL.

Dikatakan orang nomor satu di Manado itu, perayaan HUT ke-397 Kota Manado ini sangat penting ditengah upaya dan kerja keras pemerintah dan masyarakat Kota Manado menghadapi pandemi Covid-19.

“Penularan Covid-19 masih terus terjadi sehingga yang harus dilakukan hanyalah pencegahan sambil kita menanti vaksinnya,”tukas Walikota GSVL.

Selain itu, katanya, ilmu pengetahuan atau sains dan hati nurani adalah dua cara yang dilakukan untuk menekan penyebaran virus Corona.

“Ilmu pengetahuan atau sains dalam bentuk kita mentaati protokol kesehatan agar kita tidak tertular atau kita menjadi penular, sedangkan hati nurani adalah kesadaran kita yang mampu mengendalikan serta sebagai satu kesatuan dalam melawan virus Corona,”tandas Walikota GSVL.

Meski HUT ke-397 Kota Manado dirayakan dalam suasana keprihatinan akibat pandemi Covid-19, namun menurut Walikota GSVL, ada pencapaian yang diraih Pemkot Manado.

“Ini penanda kerja keras, kerja sama dan kerja cerdas kita semua pemerintah dan masyarakat Kota Manado,”tukasnya.

Walikota GSVL juga mengingatkan adanya pandemi Covid-19 merupakan ujian untuk menyambut New Normal atau peradaban baru.

“Kita diuji untuk membangun kebersamaan dan kesediaan menyambut zaman kenormalan baru yakni cara pikir dan cara hidup yang berubah dan dimulai dari rumah dengan menjaga diri kita dan keluarga kita,”tandas Walikota GSVL.

Dirinya mengajak maayarakat untuk rajin cuci tangan, pakai masker, tidak keluar rumah serta selalu menjaga jarak termasuk memilah informasi agar terhindar dari berita hoax yang dapat memecah belah masyarakat.

“Kita memiliki tradisi kita hidup untuk memanusiakan sesama manusia. Bersama hidup bersih, bersama membangun ekonomi, bersama mematuhi protokol kesehatan, serta bersama mengikuti Pemilihan Umum Kepala Daerah dengan menjaga keselamatan masyarakat,”pungkas Walikota GSVL.(stephen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *