Voucke Lontaan Kembali Pimpin PWI Sulut, Talumepa: PWI Harus Lahirkan Wartawan Profesional

Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi Persandian Daerah Provinsi Sulut, Christian Talumepa

Sulut, MR – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) melaksanakan Konferensi Wilayah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) di Aula Mapalus Kantor Gubernur, Senin (29/03).

Kegiatan lima tahunan tersebut dibuka Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey diwakili Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi Persandian Daerah Provinsi Sulut, Christian Talumepa.

Dalam sambutannya, Gubernur OD menyampaikan selamat kepada PWI Sulut yang selama ini telah mampu menjaga eksistensi organisasi serta mendukung pembangunan bangsa dan daerah di Bumi Nyiur Melambai.

“Disadari bahwa PWI mempunyai peran besar dalam kehidupan berbangsa dan bermasyarakat dalam hal ini mengedukasi masyarakat, seperti yang disampaikan Pak Ketua bahwa Wartawan diharapkan bukan hanya menyajikan berita-berita tetapi juga mengedukasi masyarakat dalam berita yang disajikan,” tutur Talumepa.

Dirinya berharap, PWI harus mampu melahirkan wartawan-wartawan yang profesional.

“Tentu saya sangat setuju sekali dengan apa yang disampaikan Pak Ketua, harapan-harapannya dan mestinya PWI itu harus mampu melahirkan wartawan-wartawan yang profesional dan untuk mencapai hal itu saya berharap PWI menjadi pionir untuk mewujudkan wartawan yang memiliki kompetensi,”ujar Talumepa.

PWI Sulut, katanya, harus terus mendorong setiap anggotanya agar mengikuti Uji Kompetensi untuk mendapatkan sertifikasi yang dilaksanakan Dewan Pers Republik Indonesia.

Sebelumnya Ketua Umum PWI Pusat, Atal Sembiring Depari dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini sudah dilakukan sejak Minggu 28 Maret, dimana membahas soal jadwal acara, tata tertibnya serta pertanggungjawaban pengurus lama.

“Saya melihat semua proses ini telah berjalan dengan baik, sekali lagi saya sampaikan selamat dan sukses untuk kegiatan ini,” ujar Atal S Depari.

Dalam konferensi tersebut Voucke Lontaan (Media Indonesia) kembali terpilih sebagai Ketua PWI Sulut periode 2021- 2026, sementara Jemmy Saroinsong (Pemred SKH Komentar dan Metro) terpilih sebagai Ketua Dewan Kehormatan PWI Sulut. (waba)