Walikota GSVL Pimpin Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana

Manado, MR – Pemerintah Kota (Pemkot) Manado menggelar apel kesiapsiagaan pasukan dan perlengkapan dalam rangka penanggulangan bencana Hydrometeorologi, di lapangan Sparta Tikala Manado, Jumat (06/11).

Dipimpin Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA selaku Inspektur dan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Manado Donald Sambuaga SSTP MSi, apel diikuti aparat TNI/Polri, tim Search And Resque (SAR), petugas BPBD, petugas Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar), petugas Dinas Perhubungan (Dishub), petugas Dinas Sosial (Dinsos), Palang Merah Indonesia (PMI) serta ORARI dan RAPI.

Kegiatan tersebut dimaksudkan sebagai langkah antisipasi dan kesiapsiagaan guna menghadapi fenomena La Nina, yang sangat mempengaruhi terhadap curah hujan di Indonesia, termasuk bencana Hydrometeorologi seperti banjir dan tanah longsor.

Dalam sambutannya, Walikota GSVL mengingatkan masyarakat harus lebih waspada dan siap siaga terutama warga yang berada dikemiringan lebih dari 30 derajat atau kawasan rawan longsor.

“Saya meminta warga untuk mengantisipasi adanya pohon yang mudah tumbang atau patah cabangnya. Sehingga, jangan berada di bawah pohon, serta waspadai tiang listrik yang konsleting dan roboh tertimpa pohon. Terlebih, saat terjadi hujan lebat yang disertai angin kencang,”tukas Walikota GSVL.

Menurutnya, merupakan tugas semua personil yang terkait kesiapsiagaan bencana untuk melindungi masyarakat dari bahaya dan ancaman bencana, baik itu bencana alam maupun non alam.

“Kesiapan dan kesigapan kita bersama menjadi kunci keberhasilan kita dalam memitigasi dampak dari bencana,”tandas Walikota GSVL.

Dikatakan orang nomor satu di Manado itu, ditengah perjuangaan bersama menekan penyebaran Covid-19, juga diperhadapkan dengan fenomena La Nina. Dimana, siaran pers BMKG per 3 Oktober 2020 mengungkapkan fenomena La Nina berpotensi untuk meningkatkan intensitas curah hujan dan angin, diprediksi akan berlangsung hingga Maret 2021 mendatang.

“Sekali lagi, saya ucapkan terima kasih, semoga apa yang kita lakukan seluruhnya akan memberi manfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara. Sekaligus, membangun semangat kita untuk terus berjuang demi kemanusiaan,”pungkas Walikota GSVL.

Tampak hadir, Kepala Basarnas Sulut Suhri Sinaga SE MM, Dandim 1309 Manado Kolonel Inf Raja Sulung Purba, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Manado Micler CS Lakat SH MH, Kabag Ops Polresta Manado Kompol Alkat Karaouw SSos, serta para pejabat dilingkup Pemkot Manado.(stephen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *