Walikota Vicky Lumentut Kampanyekan Jangan Buang Sampah Sembarangan

Kenakan Kemeja #MANADO BERSIH di Lokasi Terdampak Bencana

Banyak Sampah Plastik di Saluran Air Warga Mahawu

Manado,  MR — Ada yang menarik dari kemeja yang dikenakan Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA saat bekerja membersihkan lokasi terdampak bencana, Senin (04/02). Bagian belakang kemeja orang nomor satu di Manado itu bertuliskan huruf besar #MANADO BERSIH. JANGAN BUANG SAMPAH SEMBARANGAN.

Kemeja berisikan ajakan kepada semua orang tersebut telah menjadi ciri khas Walikota Vicky Lumentut belakangan ini. Dimana-mana, Walikota Manado dua periode itu mengenakan kemeja dengan tulisan yang sama.

“Manado adalah rumah kita bersama, mari kita jaga kota ini tetap bersih. Dengan tidak membuang sampah sembarangan, kita ikut menjaga dan memelihara rumah besar kita ini. Selain bersih, kita bisa meminimalisir terjadinya banjir akibat saluran air dan sungai kita tersumbat oleh sampah,”ujar Walikota Vicky Lumentut.

Aksi bersih-bersih Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota (Pemkot) Manado yang dikoordinir langsung Walikota Vicky Lumentut dan Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan SE merata diseluruh wilayah terdampak bencana seperti di Bailang, Cempaka Molas, Taas, Paal II, Mahawu, Ranomuut, Simphoni Sumompo, Karame dan Singkil Dua.

“Ternyata banyak sekali sampah plastik yang menyebabkan saluran air tersumbat. Ini tidak boleh lagi terjadi, karena saluran air bukan tempat untuk membuang sampah, apalagi sampah plastik seperti ini yang sangat mencemari lingkungan,”tandas Walikota Vicky Lumentut, ketika ikut mengangkat sampah plastik yang cukup banyak di depan rumah warga Kelurahan Mahawu Lingkungan III.

Kepada sejumlah wartawan, Walikota Vicky Lumentut menjelaskan jika ASN sengaja dikerahkan untuk turun membantu membersihkan lokasi terdampak bencana. “Hari ini saya bersama Wakil Walikota dan ASN kota Manado semua turun ke lokasi untuk membantu. Yang dibersihkan pertama yaitu jalan agar dapat dimanfaatkan kembali, kedua membantu membersihkan rumah warga, mengurangi beban mereka, ketiga mendata yang rusak berat, sedang dan ringan, dan mencatat warga yang memerlukan bantuan, seperti popok untuk bayi, pakaian orang dewasa, mendirikan Posko Kesehatan dan Dapur Umum untuk makanan karena ini keputusan tanggap darurat” tandas Walikota Vicky Lumentut.(stephen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *