Walikota Vicky Lumentut Sosialisasikan Manado Fiesta 2018 di Kalimantan

Keakraban Kawanua Kota Tarakan, Kalimantan Utara

UNTUK mengajak orang Manado di Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) menikmati suasana pesta Manado Fiesta 2018, Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA, menghadiri acara Malam Bakudapa dan Keakraban warga Kawanua Maesa Bohusami, di Cafe dan Resto JL Berlabuh Kota Tarakan, Selasa (24/07).

Acara makan malam yang dikemas penuh keakraban itu dihadiri pula Wakil Gubernur (Wagub) Kaltara, H Udin Hianggio dan Walikota Gorontalo Marthen Taha serta Ketua Perkumpulan Kawanua Maesa Bohusami Kota Tarakan Jufry Budiman.

Dalam sambutannya, Walikota Vicky Lumentut mengatakan sebagai kota yang menjadi salah satu tujuan wisata di Indonesia, Kota Manado harus menyuguhkan banyak iven pariwisata yang dapat menarik minat wisatawan baik domistik maupun mancanegara. Selama ini, katanya, orang hanya mengenal Bunaken sebagai obyek wisata andalan yang ada di Kota Manado. Padahal, tidak banyak orang yang tahu jika keindahan alam Bunaken ada di bawah laut.

“Wisatawan yang datang ke Manado rata-rata ingin menikmati Bunaken. Namun, banyak yang kecewa karena mereka justru menemukan Pulau Bunaken yang dirasa kurang berkesan. Mereka tidak tahu jika keindahan Bunaken terletak pada pesona bawah lautnya, bukan yang ada di Pulau Bunaken. Olehnya, kami ingin mengangkat apa yang ada di bawah laut Bunaken ke permukaan lewat karnaval dalam acara Manado Fiesta tahun 2018 ini,” jelas orang nomor satu di Manado itu.

Dikatakan, pelaksanaan Manado Fiesta sudah kedua dilaksanakan setelah tahun 2017 lalu. Namun, tahun 2018 ini Manado Fiesta menampilkan atraksi di darat, laut dan udara. “Ada banyak atraksi yang kami lakukan dalam Manado Fiesta 2018 ini. Kalau tahun 2017 lalu karnaval hanya dilaksanakan di daratan saja, namun tahun 2018 ini ada karnaval dari laut ditambah atraksi di udara. Semua ini dilakukan untuk mendukung pariwisata di Kota Manado,” tandas Walikota Vicky Lumentut.

Olehnya, walikota dua periode itu mengajak warga Kawanua di Kota Tarakan untuk ramai-ramai pulang kampung ke Manado serta menikmati berbagai festival yang berlangaung 31 Agustus sampai 9 September nanti. Menanggapi hal itu, Wagub Kaltara H Udin Hianggio serta Ketua Perkumpulan Kawanua Maesa Bohusami Kota Tarakan Jufry Budiman menyatakan dukungannya untuk mendatangkan warga Kawanua merayakan Manado Fiesta dan Thanksgiving Kota Manado tahun 2018.

“Saya tentunya mengimbau warga Kawanua Maesa Bohusami yang ada di Provinsi Kalimantan Utara termasuk yang ada di Kota Tarakan untuk mendukung program Walikota Manado dalam pelaksanaan Manado Fiesta tahun 2018 ini. Mari kita sama-sama pulang kampung dan memeriahkan Manado Fiesta di Kota Manado,” ujar Wagub Udin.

Acara Malam Bakudapa dan keakraban warga Kawanua di Kota Tarakan berlangsung meriah diwarnai dengan suguhan atraksi bernuansa daerah Sulawesi Utara. Bahkan Walikota Vicky Lumentut hanyut dalam kemeriahan suasana dan ikut berpato-pato serta menyanyi menghibur warga perantauan Kota Tarakan.

 

 

 

Malam Baku Dapa Kawanua di Balikpapan, Kalimantan Timur

MALAM baku dapa warga Kawanua di Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, dengan Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA, berlangsung di Hotel Platinum Jalan Soekarno Hatta Balikpapan, Rabu (24/07).

Pertemuan penuh keakraban dengan nuansa kekeluargaan sesama orang Manado itu, dimanfaatkan Walikota Vicky Lumentut untuk mensosialisasikan pelaksanaan iven pariwisata Manado Fiesta 2018 yang digelar 31 Agustus sampai 9 September mendatang.

Dalam kesempatan itu, orang nomor satu di Manado tersebut mengundang warga Kawanua yang tinggal di Balikpapan untuk datang ke Manado dan meramaikan iven tahunan Manado Fiesta.

“Ini kedua kalinya kami menggelar iven pariwisata Manado Fiesta. Tahun lalu (2017) Kota Manado sangat ramai dengan warga Kawanua yang pulang kampung, tahun 2018 ini saya berharap banyak orang Manado yang datang meramaikan Manado Fiesta,” ujarnya.

Dikatakan, ada tujuh Festival yang dilaksanakan dalam iven pariwisata itu. Puncaknya, hari Minggu tanggal 9 September digelar pengucapan syukur atau Thanksgiving Kota Manado.

“Kalau di Minahasa atau di Minsel (Minahasa Selatan), Minut (Minahasa Utara), Mitra (Minahasa Tenggara), Bitung dan lainnya ada perayaan pengucapan syukur, di Manado kami juga melaksanakan pengucapan tapi agak berbeda. Makanya kami namakan Thanks Giving Kota Manado,” tukas Walikota Vicky Lumentut.

Dijelaskan, keunikan Thanks Giving Kota Manado karena perayaan pengucapan syukur digelar semua golongan agama yang ada di Manado.

“Perayaan pengucapan syukur di Kota Manado tidak hanya dilakukan umat Kristen saja tetapi semua umat beragama. Ada Muslimnya, Hindu, Buddha, Konghuchu, Katolik dan Kristen Protestan,” tandas Walikota Vicky Lumentut.

Olehnya, Walikota dua periode itu kembali mengajak warga Kawanua di Kota Balikpapan menyisikan waktu pulang ke Manado.

“Saya ajak orang-orang Balikpapan asal Manado agar rame-rame sisikan waktu pulang kampung di Manado pada tanggal 31 Agustus sampai 9 September. Mari Jo Ka Manado, torang tunggu kehadiran warga kawanua di Balikpapan ini,” ajak Walikota Vicky Lumentut.

Tampak hadir dalam acara tersebut Anggota Komisi IX DPR RI Antonius Hencak, Penasehat Kawanua Balikpapan Joppy Nelwan, Ketua Komando Pasukan Adat Dayak DR Abriantinus serta ratusan warga Balikpapan asal Manado. Selain itu, hadir pula Kepala Dinas Pariwisata Balikpapan Drs Hendrik yang datang mewakili Walikota Balikpapan.

Mendampingi Walikota Manado Ketua Badan Kerja Sama Antar Umat Beragama (BKSAUA) Kota Manado Pdt Roy Lengkong STh, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Manado Pdt Renata Ticonuwu STh, Ketua Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kota Manado Drs Albert Wuysang, Ketua Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kota Manado James Karimda SH MH, pejabat dilingkup Pemerintah Kota Manado serta sejumlah rekan Pers Pos Liputan Pemkot Manado. Kemeriahan acara Malam Baku Dapa sekaligus sosialisasi Manado Fiesta 2018 di Balikpapan itu, diramaikan dengan berbagai atraksi budaya maupun dance modern.(*)

 

Peliput : stephen (MR)