Warga Desa Teep Pertanyakan Pelantikan Plt Kumtua Baru

Amurang, MR – Sejumlah masyarakat Desa Teep, Kecamatan Amurang Barat, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) mempertanyakan pelantikan pejabat Hukum Tua (Kumtua) Andry Tampemawa yang dilakukan Camat Amurang Barat Sonny Makaenas AP SIP MSi pada Kamis (24/04).

Pasalnya, serah terima jabatan Pelaksana Tugas (Plt) dari Grace Sangian kepada Alfa Winokan baru dua hari lalu dilaksanakan, tiba-tiba sudah ada pelantikan Adry Tampemawa.

Hal tersebut sersebut membuat tanda tanya masyarakat, karena disaat pemerintahan yang dijalankan oleh Alfa Winokan sudah bagus tiba-tiba ada pelantikan Plt yang baru.

Salah seorang masyarakat Desa Teep, Sam, kepada wartawan media ini mengatakan pelantikan tersebut membuat rakyat menderita karena kegiatan dan program pemerintah desa jelas terhambat apalagi saat ini pemerintah desa sementara gencar-gencarnya melakukan penanganan dan sosialisaai pencegahan Covid-19.

“Ini sebenarnya ada apa? Kenapa masyarakat yang harus jadi korban? Kami masyarakat terkejut saat dapat informasi bahwa Plt Alfa Winokan sudah digantikan oleh Plt Adry Tampemawa. Dan yang lebih mengejutkan lagi saat Plt Alfa sedang melakukan kegiatan dalan penanganan Covid-19, sementara melakukan penerimaan dan pembagian sembako yang diberikan oleh donatur untuk lansia Desa Teep,”tukasnya.

Sekreraris BPD Desa Teep saat berdialog dengan sejumlah masyarakat dan wartawan media ini mangatakan hal tersebut sudah diketahui olehnya sejak malam Kamis satu hari sebelum pelantikan, namun enggan menyampaikan kepada Alfa Winokan.

Sementara, Kepala Dinas PMD Minsel melalui Sekretaris Dinas Altin Sualang kepada media ini mangatakan pelantikan itu sudah sesuai mekanisme.

Alfa Winokan saat dikonfirmasi saat di tanya terkait pelantikan tersebut mengaku menerima karena sebagai ASN harus siap menjalankan perintah atasan.

Berbeda dengan Adry Tampemawa yang tidak bisa menunjukan Surat Keputusan pelantikan dirinya sebagai Penjabat Kumtua Desa Teep.

“Saya selesai pelantikan langsung ke kantor desa untuk bertemu dengan perangkat Desa Teep, jadi SK-nya saya lupa foto,”ujarnya.

Disisi lain, Tampemawa menjelaskan SK tersebut masih ada di Dinas PMD.

“Dan tadi (selesai pelantikan) sudah ditelepon oleh kabid,”jelasnya.

Diketahui, Alfa Winokan baru di lantik Bupati Minsel melalui Camat Amurang Barat pada 19 Februari 2020 lalu.(nal’s)