Warga Diminta Segera Tempati Rumah Relokasi Korban Bencana di Pandu

Manado, MR – Pemerintah Kota (Pemkot) Manado menaruh perhatian besar kepada masyarakat korban bencana yang pindah ke relokasi Kelurahan Pandu, Kecamatan Bunaken. Pasalnya, di lokasi tersebut, selain pembangunan ribuan rumah juga dibangun fasilitas public seperti bangunan Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) bahkan tempat ibadah masjid dan gereja.

“Ini dilakukan untuk menarik masyarakat yang mendapatkan bantuan untuk tinggal di Pandu,”jelas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Manado Maxmilian Tatahede SSos.

Dikatakan, semua fasilitas tersebut sudah selesai dibangun. Olehnya, masyarakat yang mendapat bantuan rumah di kompleks relokasi ‘Kelurahan Pandu Cerdas’ diminta segera menempatinya.

“Silahkan, masyarakat yang terdaftar sebagai korban bencana, untuk segera menempati rumah yang sudah dibangun pemerintah. Karena, tempat yang mereka huni sebelumnya, tidak layak karena rawan banjir dan longsor,”tandas Tatahede.

Menurutnya, Pemkot Manado berencana melakukan pelebaran di jalur sungai pada lokasi eks rumah milik warga yang ada di bantaran sungai.

“Sebab Pemerintah Kota Manado akan berencana melakukan pelebaran di jalur sungai. Jadi masyarakat yang sudah mendapatkan ganti rugi rumah di Pandu segera pindah. Sebelum ditertibkan,”pungkasnya. (rsc)