Warga Minahasa Pasien Ke-14 Kasus Positif Corona di Sulut

Manado, MR – Kasus warga positif Covid-19 di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) hingga Sabtu (11/04) kembali bertambah satu orang sehingga total jadi 14 orang, satu sembuh dan dua meninggal.

Pasien ke-14 terkonfirmasi positif terinfeksi virus Corona itu berasal dari Kabupaten Minahasa.

“Kasus di Minahasa ini menjadi kasus ke-14, dimana register resmi ke pusat baru akan disampaikan Sabtu (11/04), namun hasil laboratorium sudah disampaikan ke Pemkab Minahasa untuk pelacakan kontak cepat,”jelas Juru Bicara Covid-19 Provinsi Sulut dr Steaven Dandel.

Terpisah, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Minahasa dr Maxi Umboh mengungkapkan warga positif Corona tersebut sebelumnya masuk kategori Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan dirawat di RSU Prof Kandou Manado.

“Pasien yang positif ini berjenis kelamin pria berusia 25 tahun, dia bekerja dan tinggal di Jakarta kembali ke Minahasa pada 12 Maret,‚ÄĚtukas Umboh.

Pihaknya juga sudah melakukan penanganan sesuai protokol Covid-19 termasuk melakukan tracing orang-orang yang sempat kontak dengan pasien tersebut.

Berdasarkan data ke-14 warga Sulut positif Corona itu, sebagian besar terinfeksi dari luar daerah serta kontak langsung dengan pasien positif Corona sebelumnya.

Pasien pertama dinyatakan sembuh berdasarkan dua kali hasil pemeriksaan swab test negatif, namun karena penyakit gagal ginjal yang diderita akhirnya pasien tersebut meninggal dunia sehari setelah dinyatakan sembuh dari Covid-19.

Sedangkan dua pasien yang meninggal dunia, yakni pasien asal Tomohon yang meninggal dunia sebelum hasil positif keluar, dan satu lagi pasien asal Minahasa Utara.

Inilah data ke-14 pasien Covid-19 di Sulut serta riwayat terinfeksi :

1. Pasien 01 jenis kelamin laki-laki, umur 51 tahun asal Manado.
Diumumkan tanggal 14 Maret dengan memiliki riwayat perjalanan dari luar negeri (umroh). Dirawat di RSUP Kandou Manado dan dinyatakan negatif pada 26 Maret. Sehari kemudian 27 Maret meninggal karena penyakit gagal ginjal stadium akhir.

2. Pasien 02 jenis kelamin perempuan, umur 32 tahun asal Manado.
Diumumkan tanggal 24 Maret dan memiliki kontak erat resiko tinggi dengan Pasien 01. Sempat menjalani isolasi mandiri di rumah sebelum dirawat di RSUP Prof Kandouw Manado.

3. Pasien 03 jenis kelamin perempuan, umur 39 tahun asal Manado. Diumumkan tanggal 1 April memiliki riwayat perjalanan dari luar negeri (Eropa). Dinyatakan PDP (Pasien Dalam Pengawasan) dan menjalani isolasi mandiri di rumah sebelum dirawat di RSUP Prof Kandouw Manado.

4. Pasien 04 jenis kelamin perempuan, umur 49 tahun asal Manado.
Diumumkan tanggal 6 April memiliki riwayat perjalanan dari luar negeri bersama Pasien 05 dirawat di RS Robert Wolter Mongisidi Manado.

5. Pasien 05 jenis kelamin perempuan, umur 42 tahun asal Manado.
Diumumkan tanggal 6 April memiliki riwayat perjalanan bersama Pasien 04 dan dirawat di RS Robert Wolter Mongisidi Manado.

6. Pasien 06 jenis kelamin laki-laki, umur 65 tahun asal Tomohon.
Diumumkan tanggal 7 April sudah meninggal dan dimakamkan dengan prosedur pemakaman sesuai Protap Covid-19.

7. Pasien 07 jenis kelamin perempuan, usia 56 tahun asal Minahasa Utara.
Diumumkan tanggal 7 April meski tidak memiliki riwayat perjalanan keluar daerah, namun punya kontak erat dengan salah satu keluarganya yang datang dari luar daerah. Pasien sempat dirawat di RSUP Prof Kandouw dan meninggal tanggal 10 April.

8. Pasien 08 jenis kelamin laki-laki, umur 20 tahun asal Manado.
Diumumkan tanggal 7 April memiliki kontak erat dengan Pasien 03 dan dirawat di RSUP Prof Kandouw Manado.

9. Pasien 09 jenis kelamin laki-laki, umur 31 tahun asal Bitung.
Diumumkan tanggal 10 April memiliki riwayat perjalanan dari luar daerah (Bogor). Sempat dirawat di RSUP dengan status PDP, namun dipulangkan karena dua kali pemeriksaan swab hasilnya negatif. Akhirnya dirawat kembali di RSUP Prof Kandouw saat hasil pemeriksaan kembali menunjukan positif Covid-19.

10. Pasien 10 jenis kelamin perempuan, umur 70 tahun asal Manado.
Diumumkan tanggal 10 April memiliki riwayat perjalanan dari luar daerah (Jakarta) dan dirawat di RSUP Prof Kandouw.

11. Pasien 11 jenis kelamin laki-laki, umur 37 tahun asal Manado.
Diumumkan tanggal 10 April memiliki kontak erat resiko tinggi dan merupakan anak dari Pasien 10, dirawat di RSUP Prof Kandouw Manado.

12. Pasien 12 jenis kelamin laki-laki, umur 52 tahun asal Manado.
Diumumkan tanggal 10 April memiliki kontak erat dengan Pasien 04 dan Pasien 05, dirawat di RS Robert Wolter Mongisidi Manado.

13. Pasien 13 jenis kelamin laki-laki, umur 39 tahun asal Manado.
Diumumkan tanggal 10 April memiliki kontak erat dengan Pasien 04 dan Pasien 05, dirawat di RSUP Robert Wolter Mongisidi Manado.

14. Pasien 14 jenis kelamin laki-laki, umur 25 tahun asal Minahasa.
Diumumkan 10 April oleh Gugus Tugas Kabupaten Minahasa memiliki riwayat perjalanan ke luar daerah (Jakarta), dirawat di RSUP Prof Kandouw Manado.

(tammy, dari berbagai sumber)

Foto: istimewa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *