Waspada Penyebaran Virus Corona, Ini Imbauan Walikota GSVL Untuk Warga Yang Baru Pulang Dari Luar Daerah Atau Luar Negeri

Manado, MR – Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA mengimbau warga Manado agar waspada terhadap penyebaran virus Corona terutama mereka yang baru pulang dari perjalanan ke luar daerah atau ke luar negeri.

Ini isi imbauan Walikota GSVL:

Jika ada anggota keluarga atau saudara yang baru pulang dari luar daerah atau luar negeri, maka JANGAN datang ke tenaga medis (puskesmas, mantri, bidan, dokter atau ke klinik) untuk test kesehatan. Demi kewaspadaan kita semua.

Yang HARUS dilakukan adalah :

  1. Langsung menuju rumah Anda, diam di rumah selama 14 hari, jangan pergi kemana mana dulu dan lakukan sosial distancing.
  2. Saat tiba dirumah, ANGGOTA KELUARGA melaporkan ke aparat terdekat (ke hukum tua/lurah, pala jaga, sekdes) bahwa ada anggota keluarga yang baru pulang dari luar daerah atau luar negeri dengan menyertakan data ktp dan kk serta NO.HP yang bisa di hubungi.
  3. Jika dalam 14 hari ada keluhan (demam, batuk batuk, flu, sakit tenggorokan, sesak nafas) maka HUBUNGI LEWAT TELP petugas Puskesmas.
  4. Selanjutnya akan di tindak lanjuti dengan wawancara via telpon….
    Jika gejala mengarah ke penyakit corona akan ada “Tim Khusus” yang dibentuk oleh Dinkes (APD Lengkap) untuk melakukan penanganan lebih lanjut.

Adapun yang akan dilaporkan kepada Puskesmas, yaitu :

  1. Nama :
  2. Usia :
  3. Alamat Lengkap :
  4. No. Telp :
  5. Keluhan:
  6. Riwayat Perjalananan:

Selain itu, Walikota GSVL juga mengingatkan warga Manado agar jangan lupa memakai masker jika ada keperluan di luar rumah.

“Bagi yang terpaksa harus keluar rumah, jangan lupa pakai masker, boleh masker tipe apa saja asal bersih. Sebelum pakai masker cuci tangan dulu. Jangan sentuh masker bila tidak cuci tangan. Jangan taruh masker di leher atau sering menyentuhnya,”pungkas Walikota GSVL.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *