Wawali Mor Bastiaan Hadiri Puncak HUT ke-54 Provinsi Sulut

Sulut Kerja Prestasi Hebat  

WAKIL Walikota Mor Dominus Bastiaan SE mewakili Walikota DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA menghadiri puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-54 Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) tahun 2018, di lapangan KONI Sario Manado, yang dilanjutkan dengan Sidang Paripurna Istimewa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulut, di Gedung DPRD Sulut, Kairagi Manado, Senin (24/09).

Duduk dideretan para kepala daerah se-Sulut, Wawali Mor yang mengenakan pakaian adat Nusa Utara, didampingi Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Manado Peter KB Assa ST MSc PhD, mengikuti upacara yang dipimpin Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE itu dengan khidmat.

Dalam sambutannya, Gubernur Sulut mengatakan dalam rangka menggapai visi pembangunan daerah yakni terwujudnya Sulawesi Utara yang berdikari dalam ekonomi, berdaulat dalam politik, dan berkepribadian dalam budaya, serta menjadikan Sulawesi Utara sebagai salah satu pintu gerbang di Kawasan Timur Indonesia, maka telah banyak yang dilakukan pemerintah provinsi bersama pemerintah kabupaten/kota se-Sulut.

“Dimana, hasilnya signifikan serta memberikan kebanggaan yang nampak pada setiap lini sektor pembangunan, antara lain kemiskinan yang mampu ditekan melalui program OD SK hingga pada akhir tahun 2017 berada pada angka 7.9 persen atau menurun jauh jika dibandingkan angka kemiskinan pada 2016 yakni 8.89 persen, dan angka penggangguran yang juga ditekan hingga 6.09 persen pada semester pertama tahun 2018,” tukas Gubernur OD.

Lanjut dikatakan, angka indeks pembangunan manusia Sulut terus meningkat menjadi 71.66 tahun 2017 dari sebelumnya 70.39 pada 2016, sedangkan angka harapan hidup meningkat menjadi 71.4 persen dan presentasi balita gizi buruk turun hingga mencapai 3.3 persen.

Disamping itu, kata Gubernur OD, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Sulawesi Utara sampai bulan Juli 2018 mencapai 206.264 orang atau melonjak drastis dibandingkan dengan jumlah kunjungan pada tahun 2015 yakni sebanyak 27.059 orang.

“Kuliner tinutuan, musik kolintang, musik bambu, tradisi mogama dan ritual monibi menjadi warisan budaya Sulut tingkat nasional tahun 2017. Sulut juga masuk ranking 10 nasional dalam bidang penanganan konflik sosial dan meraih peringkat pertama di tahun 2017 dalam penilaian indeks demokrasi Indonesia,” tandas Gubernur OD.

 

Manado Dukung Provinsi Sulut

KOTA Manado sebagai bagian dari Provinsi Sulut mendukung penuh apa yang dilakukan Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven O Kandouw. Terutama dalam pengembangan Manado menjadi salah satu destinasi wisata di Sulut. Ini terlihat dengan terbukanya jalur penerbangan khusus dari Cina ke Manado. Sehingga, untuk mendukung hal itu, Walikota Vicky Lumentut dan Wakil Walikota Mor Bastiaan menyiapkan berbagai langkah pengembangan pariwisata di Kota Manado.

Diantaranya, dengan menggelar iven pariwisata Manado Fiesta yang dilaksnakan setiap tahun. Diharapkan dengan iven tersebut banyak wisatawan mancanegara dan domistik datang ke Manado.

Terkait prestasi yang dicapai Provinsi Sulut diusia ke-54 tahun 2018 ini, Wawali Mor Bastiaan mengatakan pemerintah serta masyarakat Kota Manado sangat bangga dengan capaian yang diraih Provinsi Sulut.

“Kami tentunya ikut merasa bangga dengan berbagai prestasi yang dicapai Provinsi Sulawesi Utara. Karena, Kota Manado adalah bagian integral dari Provinsi Sulut. Kami akan terus mendukung program dari Pak Gubernur dan Pak Wakil Gubernur. Sulut kerja prestasi hebat,” pungkas Wawali Mor Bastiaan kepada sejumlah wartawan.

 

Sekda Assa Terima Penghargaan Untuk Kota Manado

SETELAH berlangsung seminggu lebih, pameran pembangunan dan promosi Sulawesi Utara (Sulut) dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-54 Provinsi Sulut, ditutup secara resmi Wakil Gubernur Sulut Drs Steven OE Kandouw.

Dalam kesempatan itu, Wagub Sulut Steven Kandouw mengatakan pameran pembangunan tahun 2018 lebih berkualitas dibandingkan tahun sebelumnya.

“Pelaksanaan kegiatan pameran tahun ini memang terasa lebih berkualitas, pemerintah daerah dan peserta pameran telah menampilkan yang terbaik. Mudah-mudahan kedepan akan lebih baik,” ujar Wagub Steven, seraya menutup pelaksanaan pameran diiringi letupan pesta kembang api.

Acara yang dikemas dalam bentuk panggung hiburan dan pesta rakyat itu, diwarnai dengan penyerahan hadiah bagi pemenang berbagai lomba yang dilaksanakan pada perayaan HUT ke-54 Provinsi Sulut tahun 2018.

Kota Manado sendiri berhasil menyabet beberapa juara diantaranya Juara 1 lomba Peraturan Baris Berbaris (PBB), Juara 1 Komandan Peleton PBB, Juara 1 Pegawai Berprestasi Golongan III, Juara 2 penilaian LPPD, Juara 2 lomba Cipta Menu Tim Penggerak PKK, Juara 2 Kebaya Modern serta penghargaan keikutsertaan dalam kemilau kain khas daerah diraih Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Manado.

Untuk kategori stand pameran terbaik, Pemerintah Kota Manado meraih Juara 3, sedangkan Juara 1 dan 2 diraih Kabupaten Minahasa dan Kota Bitung. Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA yang diwakili Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Manado Peter KB Assa ST MSc PhD menyambut baik pelaksanaan pameran yang digelar Pemerintah Provinsi Sulut.

“Kami mendukung semua program pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, dan kami menyambut baik pameran pembangunan dalam rangka HUT ke-54 Provinsi Sulut,” tandas Assa.

Tampak mendampingi Sekda Assa, Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Micler CS Lakat SH MH, Asisten III bidang Administrasi Umum Frans Mawitjere SH, serta sejumlah pejabat Perangkat Daerah dilingkup Pemkot Manado.(*)

 

Editor : stephen (MR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *