Wawali Mor Hadiri Rakornas Pemantapan Pemilu di Makassar

Wakili Walikota Vicky Lumentut

Manado, MR— Wakil Walikota Manado Mor Dominus Bastiaan SE mewakili Walikota DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Kewaspadaan Nasional dalam rangka Pemantapan Penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak Tahun 2019, di Ballroom Sandeq Hotel Clario, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (12/02).

Acara yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Ditjen Polpum) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) itu, dibuka secara resmi oleh Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Soedarmo mewakili Menteri Koordinator (Menko) Politik Hukum dan Keamanan (Polhukam) Republik Indonesia Dr H Wiranto SH.

Dalam sambutannya, Wiranto mengatakan kegiatan Rakornas ini merupakan kegiatan finalisasi dari pemerintah.

“Pemilu waktunya sudah sangat dekat tinggal beberapa hari lagi, pertemuan hari ini adalah pertemuan terakhir bagi seluruh pemangku kepentingan. Guna memastikan kesiapan dari masing-masing stakeholder dan pemangku kepentingan yang terkait dengan penyelenggaraan pemilu serentak yang akan diselenggarakan pada tanggal 17 April yang akan datang.”ujarnya.

Dikatakan, Pemilu sebelumnya pemerintah melaksanakan rakornas secara menyeluruh. Namun pada tahun ini, pelaksanaan rakornas dilakukan secara peregional, karena pemerintah ingin menyatukan, menyamakan persepsi dan menampung berbagai persoalan yang mungkin terjadi.

“Jadi intinya hari ini kita ingin mendengarkan dari masing-masing dari seluruh penyelenggara, khususnya bagi aparat keamanan, kpu juga pemangku kepentingan apa-apa saja yang akan menjadi kendala yang akan dihadapi nantinya,”tukas Wiranto seperti dikutip Soedarmo.

Sementara itu, DR Akbar Ali MSi Direktur Kewaspadaan Kemendagri sekaligus Ketua Panitia penyelenggara Rakornas menyampaikan tujuan yang hendak dicapai melalui Rakornas ini.

“Pemilu diharapkan berlangsung iklim demokrasi yang damai dan kondusif serta berkesinambungan. Terjalin sinergitas antara pemerintah pusat dan daerah serta seluruh pihak terkait dalam menjalankan tugas,”jelasnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi diskusi sesi pertama oleh Kemendagri dengan tema Fasilitas Pemerintah daerah dalam penyelenggaraan Pemilu 2019 oleh Disdukcapil DR Ir I Gede Surata, TNI dengan tema Peran TNI dalam mensukseskan Pemilu serentak 2019 oleh Aster TNI Mayjen George Supit serta materi dari Kepolisian RI dengan tema Potensi Kerawanan dari perspektif kepolisian dalam penyelenggaraan Pemilu 2019 oleh Asops Kapolri Brigjen Rudi Supriyadi.

Sesi kedua pemaparan oleh BSSN Irjen Pol Dharma Pongrekut dengan tema Potensi Ancaman Cyber dalam pemilu serentak, Ketua KPU-RI Ari Budiman, serta Ketua Bawaslu RI Abhan masing masing membawa materi tentang Kesiapan dalam menghadapi Pemilu 2019. Tampak hadir, para Gubernur, Bupati dan Walikota se-Sulawesi serta undangan lainnya.(stephen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *