Kabag Humas Pemkot Manado Ajak Wartawan Perangi Hoax

Semangati Rakerda IWO Manado

Steven Runtuwene, SSos

Manado, MR – Sebagai salah satu mitra kerja pemerintah, jurnalis yang tergabung dalam Ikatan Wartawan Online (IWO) Kota Manado diajak untuk ikut memerangi berita-berita tidak benar atau hoax. Pasalnya, berita seperti itu sangat mengganggu jalannya pemerintahan dan kemasyarakatan.

Hal itu dikatakan Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan dan Hubungan Masyarakat (Pemhum) Pemerintah Kota (Pemkot) Manado Steven Runtuwene SSos, dihadapan peserta Rapat Kerja Daerah (Rakerda) IWO Manado, di Tasik Ria Resort, Mokupa, Sabtu (13/10) sore.

Menurutnya, organisasi profesi seperti IWO harus menjadi pelopor penyebarluasan berita-berita akurat sesuai fakta tanpa beropini dan menimbulkan salah persepsi ditengah masyarakat.

“Sebagai mitra kerja, saya berharap teman-teman wartawan yang tergabung dalam IWO Manado bisa menyajikan berita-berita yang benar, jangan hoax. Karena, berita-berita yang sifatnya hoax bisa menimbulkan kegalauan ditengah masyarakat. Mari kita bersama perangi hoax seperti slogan IWO No Hoax,”tandas pejabat yang akrab dengan kalangan pers itu.

Lanjut dikatakan, kedepan Bagian Pemhum Pemkot Manado tengah menyiapkan program untuk meningkatkan kompetensi wartawan yang melakukan peliputan di Pemkot Manado.

“Bagian Pemerintahan dan Humas pada tahun 2019 mendatang, kita sedang menyiapkan program Uji Kompetensi Wartawan atau UKW bagi wartawan yang meliput di Pemkot Manado. Saya berharap, teman-teman wartawan tidak hanya wartawan online tetapi semua termasuk cetak dan elektronik yang Pos di Pemkot Manado, untuk mendukung program ini, karena ini demi kebaikan kita bersama,”pungkas Kabag Steven.

Sementara, Ketua IWO Manado Agrianto Repi, menanggapi positif rencana tersebut. Menurutnya, apa yang dilakukan Bagian Pemerintahan dan Humas dengan memprogramkan kegiatan UKW bagi wartawan Pos Liputan Manado.

“Terima kasih kepada Kabag Humas Pemkot Manado yang memiliki ide untuk melaksanakan UKW. IWO Manado tentunya menyambut baik rencana itu, karena UKW ini merupakan kewajiban bagi seorang wartawan jika ingin menjadi wartawan yang professional,”ujarnya.(stephen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *