Kadis PUPR Tegaskan Infrastruktur Manado Perlu Dibenahi

Manado, MR – Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Manado DR Peter KB Assa menegaskan infrastruktur di Kota Manado perlu dilakukan pembenahan. Pasalnya, saat musim hujan dengan curah hujan tinggi dapat menyebabkan terjadinya banjir atau genangan air di sejumlah wilayah di kota ini.

Menurutnya, setiap pembangunan pasti ada konsekuensi yang dapat mendatangkan masalah di kemudian hari termasuk pembangunan jalan lingkar atau ringroad.

“Salah satu masalah adalah meningkatnya debit air ataupun sedimen limpasan dari kawasan ringroad menuju ke daerah yang lebih rendah atau ke arah kota Manado,”ujarnya.

Menurut Assa, jika limpasan itu semakin besar ditambah dengan sistem drainase di jalan ringroad dan kawasan baru tidak ditata dan bangun dengan baik, maka akan terjadi banjir. “

Makanya harus mengikuti ketentuan RTBL maupun RTRW.  Karena akibatnya banyak spot-spot area tertentu di bagian hilir ringroad akan tetap menjadi korban banjir air dan sedimen. Sehingga pembenahan infrastruktur harus secepatnya dilakukan dengan tujuan bisa mengantisipasi jika musim penghujan tiba,”pungkas Assa. (stephen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *